Manfaat Kopi Bagi Para Perokok



Kopi adalah minuman hasil dari sebuah seduhan biji kopi yang telah di olah dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. Kopi merupakan salah satu komoditas yang dibudidayakan hampir di seluruh penjuru dunia. Ada dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum di kalangan masyarakat semua yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika ( Coffea arabica ). Satu lagi penelitian tentang sebuah kopi. Menurut hasil penelitian kopi ternyata bisa mencegah kanker kandung kemih, terutama bagi para pecandu rokok. Tapi jangan salah, kebanyakan meminum kopi juga dapat mengakibatkan efek samping yang kurang baik.

Jumlah kasus tidak lebih dari 500. Semua pasien dan 1.000 pembanding kasus lainnya dilengkapi dengan data yang berkaitan dengan riwayat kesehatan, termasuk pola hidup sehari-hari, merokok, diet, juga konsumsi kopi.

Kebiasaan merokok menjadi faktor dan risiko utama dalam penyakit kanker kandung kemih ini dan risiko kerusakan karena rokok ini dapat naik dua kali lipat (bahkan lebih) pada mereka yang minum kopinya kurang dari dua cangkir seminggu dibanding mereka yang minum kopi secara teratur.
Sedangkan para perokok yang minum kopi lebih dari tiga cangkir seminggu, risiko kankernya sama dengan para peminum kopi yang tidak merokok dan risiko kanker kandung kemih pada perokok yang tidak minum kopi, risikonya lebih besar yaitu tujuh kali lipat mendapat kanker ini dibanding yang tidak perokok.

Para penelitinya menyebutkan, hasil penelitian yang dilansir di British Medical Journal ini pun menunjukkan rokok bisa menjadi memiliki salah satu faktor risiko lebih besar dari perkiraan sebelumnya, terkait dengan kejadian kanker kandung kemih. Mereka juga menekankan hasil penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa pengaruh racun dari kafein (yang terdapat pada kopi) bisa jadi berkurang pada para perokok.

Nah itulah dia sekilas tentang manfaat kopi bagi para perokok. Eits tapi jangan lupa juga kalau kopi juga punya efek samping kurang baik jika anda mengkonsumsi nya tidak teratur / terlalu sering meminum nya, maka jagalah kesehatan anda dengan hidup teratur agar kita semua tetap sehat jasmani dan rohani. Terima kasih telah mau berkunjung, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.