10 Kopi Terpopuler di Indonesia


Kopilelet - Kopi sudah menjadi salah satu bagian hidup manusia. Indonesia sendiri beruntung dengan banyaknya jenis kopi tumbuh di Nusantara. 

Namun tahukah Anda, jenis kopi yang paling disukai atau populer di masyarakat? Dari hasil survei Litbang diketahui jika kopi luwak mendapatkan tempat teratas. 

Berikut ini 10 jenis kopi terpopuler di Indonesia : 

1.Kopi Luwak


Kopi Luwak atau musang kelapa ini digadang-gadang sebagai kopi berharga tinggi. Kopi ini berasal dari buah kopi yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh binatang Luwak sehingga kembali keluar secara utuh. Biji kopi tersebut kemudian dibersihkan dan dikeringkan lalu diolah. Karena kelangkaannya dan proses pembuatan yang tidak lazim, jenis kopi ini dijual dengan harga tinggi.

2. Kopi Jawa


Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Kopi ini memiliki bentuk berbeda dengan kopi asal Sumatera dan Sulawesi. Sebagian kopi Jawa mengeluarkan aroma rempah yang tipis sehingga membuatnya lebih baik dari jenis kopi lainnya. Kopi Jawa paling terkenal adalah Jampit dan Blawan.

3. Kopi Toraja


Kopi Toraja berasal dari Tana Toraja di sekitar daerah Kalosi, Sulawesi Selatan. Kopi yang memiliki kandungan asam rendah ini memiliki cita rasa khas. Kepopuleran kopi ini bukan hanya di Indonesia melainkan sampai ke negara lain seperti Finlandia, Swedia, Belanda, dan Denmark.

4. Kopi Sidikalang


Sidikalang merupakan salah satu nama kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara dimana kopi menjadi salah satu komoditas daerah tersebut. Kopi Sidikalang sangat terkenal akan cita rasanya yang nikmat. Kopi jenis ini memiliki kualitas bagus karena didukung oleh kondisi tanah di Sidikalang yang berada di daerah pegunungan beriklim sejuk.

5. Kopi Aceh Gayo


Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi unggulan dataran tinggi Gayo, Sumatera. Beragam penghargaan dan prestasi yang diperoleh kopi Gayo semakin memantapkan posisi kopi ini sebagai kopi organik terbaik dunia. Tak hanya memenuhi pasar dalam negeri, kopi ini juga diekspor ke beberapa pasar di dunia yakni Eropa dan AS.

6. Kopi Bali Kintamani


Kopi Bali Kintamani memiliki keunikan cita rasa berbeda dari kopi yang berasal dari daerah lain. Hal tersebut karena pohon kopi ini ditanam dengan menggunakan sistem “tumpang sari” bersama dengan jenis tanaman lain. Itulah yang menyebabkan rasa kopi ini unik karena bercita rasa buah. Selain memiliki cita rasa buah, kopi ini memiliki cita rasa ringan.

7. Kopi Lampung


Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Kopi-kopi yang dihasilkan daerah ini adalah jenis kopi robusta. Hal tersebut didukung oleh wilayahnya yang sangat ideal untuk menanam varietas robusta. Kopi Lampung pada umumnya diproses secara tradisional.

8. Kopi Kotamobagu


Sulawesi Utara memiliki beragam komoditas hasil alam andalan, di antaranya kopi. Kotamobagu adalah salah satu kota di Sulawesi penghasil komoditas kopi yang cukup besar. Kopi Kotamobago cukup terkenal karena kenikmatannya serta sudah memasuki pasar internasional di antaranya adalah ke Italia.

9. Kopi Wamena


Kopi Wamena atau kopi Papua merupakan kopi organik dengan kualitas terbaik. Tak mengherankan sebab tanah di Papua sangat subur sehingga kopi yang dihasilkan sangat baik kualitasnya. Aroma kopi ini harum, halus dan memiliki rasa sangat manis. Diantara kopi arabika lainnya, kopi ini mengandung kafein paling sedikit.

10. Kopi Lanang


Kopi lanang merupakan sebutan untuk biji kopi yang bulat dan tunggal. Karena tumbuh berbeda dengan kopi lainnya, biji kopi lanang memiliki rasa lebih kuat dari biji kopi biasa. Kopi ini banyak diproduksi di daerah Jawa Timur. Kadar kafein kopi ini sangat tinggi sehingga ampuh untuk menahan rasa kantuk.