Cara Kopi Memperlambat Penuaan dan Peradangan



Kopilelet - Kopi hitam sudah dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Meski terlalu berlebihan minum kopi juga dapat berdampak buruk, pertimbangkan untuk meminumnya setidaknya sekali dalam sehari untuk memberi manfaat kesehatan, terutama pada kulit Anda.

Sebuah studi terbaru dari Stanford University menemukan bahwa kafein dapat melawan peradangan terkait usia yang dapat memicu penyakit utama seperti diabetes, kanker dan masalah jantung.

Lebih dari 90 persen dari semua penyakit yang berkaitan dengan penuaan atau usia berkaitan dengan peradangan kronis. Ini juga diketahui bahwa asupan kafein dikaitkan dengan umur panjang. Peneliti pun telah menemukan alasan mengapa itu terjadi.

Tim peneliti menganalisis sampel dara dari 100 orang muda dan tua. Kelompok yang lebih tua ditemukan memiliki aktivitas lebih banyak pada gen yang berkaitan dengan peradangan. Namun, orang-orang yang terlindungi dari gen ini memiliki kesamaan yakni mereka semua peminum kafein.

Peneliti menjelaskan, semakin banyak orang mengonsumsi kafein semakin terlindungi mereka terhadap keadaan kronis. Para peneliti juga menyoroti bahwa peradangan tidak selalu buruk, karena berkontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Namun, jelas ada satu titik di usia tua ketika tubuh menjadi kurang efektif dalam mengelolanya. Inilah yang akan digunakan untuk penelitian selanjutnya.

Minum kopi bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi proses peradangan yang memang semakin besar risikonya seiring bertambahnya usia.