Hati-Hati Minum Kopi Ini Jika Ingin Menurunkan Berat Badan



Kopilelet - Kopi sudah menjadi minuman yang digemari banyak orang. Kita sering memilih untuk minum kopi saat sedang santai atau sebagai teman dalam beraktivitas seperti saat bekerja atau mengerjakan tugas kuliah. 

Kopi semakin kuat berdiri untuk menunjukkan eksistensinya sebagai minuman yang kini makin digemari. Kian banyaknya penikmat kopi juga diiringi dengan perkembangan berbagai jenis kopi. Sebut saja kopi luwak, kopi hijau, dan kopi yang diolah dengan berbagai jenis pengolahan. 

Berkembangnya berbagai jenis kopi ini tentu membuat kita tertarik sehingga semakin banyak orang yang minum kopi.

Semakin banyak orang yang mengonsumsi kopi mulai dikaitkan dengan apa manfaat yang dapat kita rasakan apabila kita sering minum kopi. 

Manfaat kopi dalam menurunkan berat badan mulai banyak dilirik orang sebagai pilihan untuk mendukung diet penurunan berat badannya. 

Salah satu jenis kopi yang disebut mampu menurunkan berat badan adalah kopi hijau. Kopi hijau berbeda dari kopi pada umumnya, karena pada proses pengolahannya kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan. 

Hal ini yang menjadikan kopi hijau memiliki kandungan senyawa aktif yaitu asam klogorenat. Asam klogorenat ini yang dipercaya mampu memberikan efek penurunan berat badan.

Beberapa studi telah membuktikan bahwa ekstrak biji kopi hijau mampu memberikan manfaat yang nyata dalam penurunan berat badan. Namun ternyata kandungan asam klogorenat memiliki bahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. 

Asam klogorenat dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan kadar homosistein meningkat sehingga mampu memicu penggumpalan darah yang merupakan resiko utama terjadinya penyakit jantung.

Mehnoosh Samadi, seorang peneliti dari Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences di Iran menyebutkan bahwa konsumsi kopi hijau memiliki manfaat dalam penurunan berat badan yang diiringi dengan pengaturan asupan makan berupa diet rendah kalori. Sehingga, kita tidak bisa hanya mengandalakan minum kopi hijau saja dalam penurunan berat badan. 

Kopi hijau juga akan memberikan dampak buruk apabila takaran kita berlebihan dalam meminumnya. Sehingga kopi hijau sebaiknya dijadikan sebagai salah satu minuman yang mendukung penurunan berat badan saja, karena ternyata pengaturan diet yang tepat tetap menjadi kunci utama keberhasilan diet kita.