Kopi Klotok, Warung Kopi Favorit di Kaliurang



Kopilelet - Kuliner khas Yogyakarta bukan hanya gudeg, atau angkringannya. Di sini juga terkenal dengan kopinya yang cukup terkenal, dan favorit. Kopi Klotok Pakem namanya. Bukan hanya, sajian minumannya saja, nuansa warungnya pun sangat nyaman.

Lokasinya berada di Jalan Kaliurang km 16, Pakembinangun, Sleman, Yogyakarta atau tepatnya di kawasan Kaliurang, yang merupakan salah satu destinasi wisata paling terkenal di daerah tersebut.
Nama klotok sendiri, diambil dari bunyi saat proses penyajian kopi ini. Yaitu, ketika akan disajikan, kopi direbus terlebih dahuku hingga mendidih. Kemudian, menimbulkan bunyi "klotok-klotok".


Konsep warung kopi ini sangat unik, yakni bertemakan rumah kampung. Tidak hanya menyediakan kopi saja, di sini juga Sahabat Sporto bisa menikmati menu lainnya. Seperti sego jangan (nasi sayur), lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, pindang goreng, telur dadar, tempe garit hingga sambal dadak. Oh iya, sajian favorit lainnya adala pisang goreng yang begitu nikmat. Apalagi dinikmati bersama segels kopi klotok.

Untuk menyantapnya, pengunjung bisa mengambilnya langsung di dapur warung ini. Layaknya, sedang berada di rumah sendiri. Bahkan, Sahabat Sporto juga bisa menambah makanan sepuasnya, yakni mulai dari kisaran Rp 11 ribu per-porsinya.


Menariknya lagi, saat sedang menyantap makanan, Sahabat Sporto akan dihibur dengan alunan musik keroncong. Pemandang di sekitarnya pun cukup memesona, karena menghadap langsung persawahan dan Gunung Merapi. Sehingga, nuansa pedesaan pun semakin terasa.