Mengenal Cita Rasa Kopi Sumatera yang Mendunia


Biji kopi Sumatera
Kopilelet - Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Beragam hasil perkebunan dan pertanian merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh Bumi Pertiwi. Salah satunya adalah kopi.

Dengan kondisi geografis yang mendukung, Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Tak tanggung-tanggung, beberapa kopi dari Indonesia telah mendunia dan digemari oleh masyarakat luas. Misalnya, kopi Gayo, kopi Bali, hingga kopi Wamena.

Tak banyak yang tahu, bahwa jenis kopi dari Sumatera juga menjadi favorit para pecinta kopi. Rasanya yang sangat unik dan khas membuat peminatnya sangat tinggi. Bahkan, jenis kopi ini menjadi produk paling populer yang dijual oleh salah satu gerai kopi modern, yaitu Starbucks.


Aroma yang dihasilkan dari biji kopi Sumatera sendiri sangat kuat. Selain memiliki tingkat keasaman rendah, jenis kopi ini juga memiliki karakter full body, yang menghasilkan rasa kopi kuat dan terasa penuh di mulut.

Selain itu, jenis kopi Sumatera dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain seperti susu, gula, maupun krimer tanpa mengurangi rasa dari kopi itu sendiri. Karakteristik unik dari kopi Sumatera ini dipengaruhi oleh proses pengolahannya yang dilakukan secara semi-washed atau proses penggilingan yang dilakukan saat biji kopi masih menyisakan kadar air sebesar 30 hingga 35 persen.


"Sebenarnya, terdapat tujuh faktor yang mempengaruhi rasa dari kopi itu sendiri. Mulai dari varietas tanaman, tempat tumbuh dataran, kesehatan tanaman, cara petik, serangan hama dan penyakit, cara pengolahan, hingga roasting dan brewingnya.", ujar Surip Mawardi, kepala ahli agronomi Starbucks Farmer Support Center, saat ditemui kumparan dalam acara Konferensi Pers Art in A Cup di Starbucks Oakwood, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (6/3).
"Genetik dari jenis kopi Sumatera sendiri merupakan varietas Timor, di mana daerah tanamnya lebih basah sehingga mempengaruhi cita rasa dari kopi Sumatera yang lebih kompleks dan rich dengan aroma yang harum." imbuhnya.

Cara terbaik untuk menikmati kopi Sumatera adalah dengan cara diseduh menggunakan air panas, atau sering disebut sebagai kopi tubruk. Dengan cara tersebut, cita rasa dan aroma dari kopi akan lebih terasa dan tentunya sangat cocok untuk menemani santai soremu.