Tak hanya Diminum, Ini Kuliner dari Kopi yang Bikin Penasaran


Kopilelet - Indonesia dikenal sebagai penghasil banyak kopi nikmat yang diakui dunia. Tak susah menemukan kafe dengan suguhan kopi nusantara enak di hampir setiap kota di tanah air. Ternyata, kopi tak hanya nikmat diminum, atau dibuat sebagai bahan utama es krim. Beberapa tempat makan di bawah ini berhasil menciptakan kuliner unik dengan cita rasa kopi. Apa saja, ya?

1. Martabak Kopi

Ada dua macam martabak yang dikenal di tanah air. Selain martabak telur yang dibuat dari telur bebek dengan campuran daging dan sayur, pilihan lainnya adalah martabak manis dengan terigu sebagai bahan utama. Martabak manis biasanya menggunakan coklat, keju, atau kacang sebagai topping.


Ternyata ada yang berhasil menciptakan adonan martabak dari kopi. Tak hanya roti, selainya pun juga bercita rasa kopi. Bikin ngiler, ya. Kamu bisa mencoba camilan unik di MartabakBoss yang dikenal sebagai salah satu martabak dengan isian melimpah. Di Padang juga ada martabak ini, mampir saja ke Juanda Restaurant Kubang System untuk mencobanya.

2. Roti Kopi


Menikmati secangkir kopi panas memang paling afdol ditemani dengan sepotong roti. Namun, tentunya akan sempurna jika rotinya pun beraroma sewangi kopi. Paling sering ditemui adalah Roti Boy yang ada hampir di setiap bandara Indonesia. Wanginya saja terlalu menggoda, mengajak untuk membeli banyak-banyak. Roti kopi lainnya bisa kamu cicipi di Ichi Dough, ahlinya kopi dan roti yang ada di Medan. Mereka menyajikan sandwich bukan dengan roti tawar biasa, namun lapisan roti hitam yang dibuat dari kopi. Wah, bikin penasaran bagaimana rasanya, ya.

3. Mie Kopi


Kuliner asli Tionghoa yang juga ditemukan di Italia dan Arab ini juga menjadi masakan umum di Indonesia. Ada beragam mie yang dikenal di Indonesia, seperti bakmi, mie ayam, juga pangsit. Belakangan kuliner ini semakin banyak variasi juga warnanya. Ada mie warna-warniyang dibuat dari sayuran. Tak ketinggalan adalah yang berwarna hitam karena dibuat dari kopi. Mie jenis ini tergolong sehat karena dibuat dari bahan-bahan alami dan tanpa pengawet. Bagi yang penasaran, bisa merapat ke Mie Serdadu yang ada di Malang.

4. Nasi Goreng Kopi

Selain sate, nasi goreng menjadi masakan tradisional Indonesia yang menjadi favorit mantan Presiden Amerika, Barack Obama. Nasi digoreng dengan beberapa bumbu umum, seperti cabai, tomat, dan bawang ini biasanya juga dicampur dengan daging dan sayuran. Terbaru adalah nasi goreng kopi. Seperti apa rasanya, ya? Mampir saja ke Kopilurs Omalia, kafe spesial kopi yang ada di Bandung. Rasakan sendiri nasi goreng dengan bumbu espresso. Unik di lidah dan bikin nagih.


Bagi pecinta kopi, wajib nih mencatat tempat-tempat di atas untuk mencici kuliner uniknya. Bagaimana, masakan mana yang sudah pernah kamu coba? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar, ya! 

Salam secangkir kopi