Yuk, Icip-icip Kopi Santan Blora



Kopilelet - Anda mungkin sering minum kopi memang penikmat dan pecinta kopi. Tapi pernahkah, membayangkan jika kopi dan santan disajikan dalam sebuah suguhan minuman?

Nah, Jawabannya ada di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora. Di sana terdapat warung yang menjual kopi santan khas Blora.

Tidak sulit menemukan warung kopi santan yang melegenda ini. Anda bisa memulai dengan menuju ke Desa Jepangrejo dan bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat disana mengenal warung istimewa ini.

Hampir semua warga Jepangrejo taka sing mendengar kopi santan salah satunya kopi santan buatan Rukmini (58). Pasalnya, hanya dia seorang sebagai pemilik warung sekaligus pembuat kopi spesial dengan varian berbeda dengan kopi yang lain.

Dirinya mengaku sudah sejak kecil berjualan kopi santan. Beliau bercerita bahwa usaha kopi santan merupakan usaha keluarga yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Sejak puluhan tahun silam, leluhur ibu Rukmini mengajarkan resep pembuatan kopi santan yang melegenda kepada anak cucunya. Saat ini ibu Rukmini adalah generasi ketiga dalam bisnis minuman khas Jepangrejo ini.

Dalam proses pembuatan kopi tersebut, hampir sama dengan kopi kothok biasa. Biji-biji kopi ini di sangrai kemudian digiling sehingga menjadi bubuk kopi yang siap diracik.

Nah, untuk menyeduhnya, bedanya tidak menggunakan air melainkan santan. Dalam pembuatan santan pun, menurutnya, harus dibuat secara dadakan, karena kalau santan segar lebih memilki rasa yang lebih gurih.

Maksudnya, setelah ada yang memesan kopi santan, baru diparutkan kelapa. Sebab, jika santannya sudah lama dibuat, menurutnya sangat mempengaruhi rasa kopi santan itu.

Untuk mendapatkan satu porsi kopi santan, anda hanya perlu menunggu lima belas menit. Dan untuk menikmati sajian kopi santan yang istimewa ini, anda hanya perlu membayar lima ribu rupiah per porsi.

Kekhasan minuman ini, sampai membuat almarhum Pengamat Kuliner Bondan Winarno, sebelumnya pernah datang berkunjung untuk membuktikan kenikmatan minuman ini. Dan kopi santan ini, dimasukan dalam buku tentang keberagaman Kopi Nusantara yang disusun dirinya.