Ada Cara Kekinian Menyajikan Kopi, Pakai Kapsul



Kopilelet - Indonesia merupakan salah satu negara produsen kopi terkemuka di dunia. Bahkan budaya kopi dunia juga banyak dibangun dari Indonesia. Tidak heran bila kemudian berbagai jenis kopi berasal dari Indonesia yang menjadi incaran kedai-kedai kopi dunia. Namun sejauh ini tidak banyak terjadi inovasi dalam cara memproduksi kopi dan penyajiannya. Padahal era saat ini sudah sangat berubah dibandingkan dahulu. Itu sebabnya muncul sebuah inovasi yang mengenalkan cara baru menyajikan kopi, menggunakan kapsul.

Inovasi unik ini dibuat oleh Kapal Api Global yang berasal dari Indonesia. Cara menyajikan kopi menggunakan kapsul yang dibuat oleh Kapal Api Global terbilang adalah hal baru yang belum banyak diketahui. Inovasi ini lahir karena cara manual dianggap membutuhkan waktu yang lama padahal gaya hidup saat ini menuntut banyak hal serba cepat.

Penyajian kopi menggunakan kapsul tersebut kemudian diberi nama dengan Unakaffe System. Sistem ini menawarkan cara menyajikan kopi yang lebih praktis namun tetap tidak meninggalkan cita rasa kopi. Dengan kata lain, rasa kopi tetap konsisten, presisi dan nikmat.

Sistem ini bekerja dengan cara mengekstrak kopi yang ada dalam kapsul menggunakan mesin pembuat kopi yang telah terstandar. Sehingga penikmat kopi tidak perlu lagi untuk memikirkan berapa tekanan yang tepat dan berapa suhu yang diinginkan.

Direktur Kapal Api Global, Cristeven Mergonoto, menjelaskan bahwa sistem Unakaffe berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin menikmati kopi setiap hari namun tidak punya banyak waktu untuk membuat kopi. Meski tidak memiliki banyak waktu, konsumen juga tetap diajak untuk bisa menjadi barista bagi diri sendiri. "Konsumen dapat menyajikan dan merasakan kopi dengan citarasa terbaik kapanpun dan dimana pun," ujarnya.

Unakaffe System hanya akan tersedia dalam varian kopi hitam yang berasal dari kopi pilihan yang dipanggang sempurna untuk menghasilkan kopi terbaik. Varian yang tersedia adalah Espresso dan Cafeiero. Varian Espresso akan menggabungkan biji kopi pilihan arabika dan robusta sehingga memiliki kepekatan yang lebih. Sementara Cafetiero akan menggunakan 100% kopi arabica sehingga memiliki keunggulan dalam hal cita rasa. Setelah dua varian tersebut, Kapal Api Global juga akan meluncurkan tiga kopi khas Indonesia yakni Mandheling, Toraja dan Kopi Luwak.