Segarnya Kopi Espresso Campur Air Nira, Berani Coba?


Pengunjung menikmati kopi nilapresso Aceh
Kopilelet - Pernah coba segarnya air nira bercampur kopi espresso? Sekarang Anda bisa mencobanya dengan mudah.

Kesegaran kopi espresso campur air nira tersebut bisa Anda nikmati dalam segelas nirapresso. Salah satu brand minuman kopi baru di Indonesia, bahkan yang pertama kali menggabungkan cita rasa kopi ke dalam segarnya air nira.

Nirapresso kini menjadi salah satu minuman andalan di kalangan anak muda Aceh. Perpaduan antara air nira yang masih alami dan biji kopi yang dipilih ialah Arabika asal Tanah Gayo, rupanya memiliki kenikmatan tersendiri bagi pecinta kopi.

Moorden Coffee, salah satu warung kopi yang memproduksi nirapresso dalam penyajian kopi modern. Owner Moorden Coffee, Fachrizal (28) mengatakan, awalnya ia bersama rekannya Dinda Sutari (30) berkeinginan untuk membuat suatu minuman yang baru, tanpa menghilangkan bahan baku kopi.

“Awalnya kita eksperimen, coba-coba campurkan air nira dalam kopi espresso, ditambah sedikit es kristal biar kelihatan segar, saat kita produksi ternyata banyak yang suka,” Kata Fachrizal kepada VIVA di Moorden coffee kawasan Beurawe, Banda Aceh, Aceh, Pada Rabu, 2 Mei 2018.

Ide mereka itu muncul pada akhir Tahun 2017 lalu. Dan Moorden Coffee mulai memproduksi minuman segar ini pada Bulan Maret 2018. Kehadiran kopi Nirapresso di jajaran menu minuman, menambah varian rasa dan jenis kopi di Aceh.

Nirapresso sendiri memiliki karakter lebih encer, sebelum diaduk air niranya tampak berada di bawah cairan kopi espresso bewarna bening. Setelah diaduk, kopi dan air nira bercampur menjadi satu kesatuan yang nikmat jika diseruput.

Saat dicoba VIVA di Moorden Coffee, manisnya rasa nira cukup terasa bercampur dengan aroma khas kopi arabika. Apalagi penyajiannya ditambah dengan beberapa es kristal, membuat nirapresso terasa segar di mulut.

Soal takaran, kata Fachrizal, takaran air nira dan kopi seimbang dalam satu gelas. “Kopinya itu one shoot espresso dan sedikit air nira, ya takarannya balance lah,” sebutnya.

Meski baru beberapa bulan mulai memproduksi nirapresso, minuman ini menjadi andalan di Moorden Coffee. Perhari, pihaknya bisa menghabiskan sekitar tujuh liter air nira. Bahkan, jumlah itu meningkat jika memasuki akhir pekan, bisa sampai 10 liter lebih.

“Kalau di sini best sellernya masih nirapresso,” ucapnya.

Soal harga, satu gelas nirapresso Rp15 ribu. Disamping itu, Moorden Coffee juga memiliki variasi jenis minuman kopi lainnya, yaitu kopi arabika campur telur kocok dan sanpresso.