Penelitian Terbaru, Terbukti Kafein dari 4 Gelas Kopi Bermanfaat Melindungi Jantung



Kopilelet - Kafein dari empat cangkir kopi melindungi jantung dengan bantuan mitokondria. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsentrasi kafein setara dengan empat cangkir kopi mempromosikan pergerakan protein pengatur ke mitokondria, meningkatkan fungsi mereka dan melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan.

Konsumsi kafein telah dikaitkan bermanfaat untuk beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe II, penyakit jantung, dan stroke, tetapi mekanisme yang mendasari efek perlindungan ini belum jelas. Sebuah penelitian baru sekarang menunjukkan bahwa kafein meningkatkan kapasitas fungsional sel-sel endotelial, yang melapisi bagian dalam pembuluh darah, dan bahwa efeknya melibatkan mitokondria, pusat energi sel sel. Penelitian yang dipublikasikan tanggal 21 Juni dalam jurnal akses terbuka PLOS Biology, oleh Judith Haendeler dan Joachim Altschmied dari Fakultas Kedokteran, Heinrich-Heine-University dan IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Duesseldorf, Jerman, dan rekan, menemukan bahwa efek perlindungan dicapai pada konsentrasi yang setara dengan konsumsi empat cangkir kopi, menunjukkan efeknya mungkin relevan secara fisiologis.

Di sini, mereka menunjukkan bahwa protein yang disebut p27, yang dikenal terutama sebagai inhibitor dari siklus sel, hadir dalam mitokondria pada tipe sel utama dari jantung. Dalam sel-sel ini, mitokondria p27 mempromosikan migrasi sel-sel endotel, melindungi sel-sel otot jantung dari kematian sel, dan memicu konversi fibroblas menjadi sel-sel yang mengandung serat kontraktil - semua penting untuk perbaikan otot jantung setelah infark miokard. Mereka menemukan bahwa kafein menginduksi pergerakan p27 ke mitokondria, memulai rangkaian kejadian yang menguntungkan ini, dan melakukannya pada konsentrasi yang dicapai manusia dengan meminum empat cangkir kopi. Pada percobaan laboratorium, kafein terlihat melindungi kerusakan jantung pada tikus pra-diabetes, obesitas, dan pada tikus tua.

Hasil ini harus mengarah pada strategi yang lebih baik untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, termasuk pertimbangan konsumsi kopi atau kafein sebagai faktor makanan tambahan pada populasi lansia.

Sumber: Science Daily