Ingin Minum Kopi Tapi Takut Pahit? Lakukan Ini Saja



Kopilelet - Meskipun memiliki banyak penggemar, dalam realitanya kopi memiliki rasa yang cenderung pahit sehingga membuat banyak orang ragu untuk mengonsumsinya. Yang menjadi masalah adalah, jika kita sering menambahkan gula demi mengatasi rasa pahit pada kopi, kita justru akan meningkatkan risiko terkena kenaikan berat badan atau terkena diabetes.

Dilansir dari Health.com, terdapat beberapa cara yang aman untuk dilakukan demi menurunkan rasa pahit pada kopi yang akan kita minum tanpa perlu menggunakan gula yang tidak sehat. Berikut adalah diantaranya.

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mencampurkan bubuk cokelat. Memang, rasanya tidak akan menjadi semanis jika kita menambahkan gula, namun hal ini tentu akan jauh lebih aman untuk dilakukan bukan? Selain itu, kita juga bisa menambahkan rempah-rempah seperti kayu manis dan pala demi mengubah rasa kopi yang pahit. Aroma dari rempah-rempah ini justru akan membuat kopi memiliki rasa yang jauh lebih menarik.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa pahit pada kopi adalah dengan menambahkan garam, bukannya gula. Kita hanya perlu menambahkan sedikit garam ke dalam bubuk kopi yang belum diseduh demi menurunkan rasa pahitnya. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan garam dengan berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan tubuh, khususnya bagi kesehatan pembuluh darah.

Bahan lain yang bisa kita campurkan ke dalam kopi agar tidak pahit adalah ekstrak vanili. Tak hanya aromanya yang sedap, ekstrak vanili ternyata bisa membuat kopi memiliki rasa yang lebih nikmat.

Jangan sembarangan mengonsumsi kopi sachet yang bisa dengan mudah kita beli dimana-mana. Selalu cek kandungan gula dari kopi tersebut agar kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.